jual kelinci murah di cikarang rabbit bekasi

Cara Mengatasi Jam Pada Dual Boot Windows dan Ubuntu Tidak Sama

Cara Mengatasi Jam Pada Dual Boot Windows dan Ubuntu Tidak Sama


       Biasanya user menggunakan dual boot sistem operasi windows dan ubuntu karena user akan berimigrasi ke Linux dan bisa masih menggunakan sistem operasi Windows. Untuk user pemula yang ingin berimigrasi memang sangat penting menggunakan dual boot ini. Tapi disisi lain masih banyak kendala atau masalah yang akan ditemui oleh user, seperti waktu atau jam yang akan berubah dan tidak sama antara sistem operasi windows dan ubuntu, misalnya di windows jam 07.00, tetapi di ubuntu jam 12.00. Salah satu cara mengatasinya yaitu komputer harus dikoneksikan dengan internet, maka jam antara sistem operasi windows dan linux akan sinkron atau sama. Akan tetapi jika komputer sedang offline atau tidak terhubung dengan internet maka jam akan kembali tidak sama antara sistem operasi windows dan linux ubuntu.
       Masalah ini terjadi karena masing-masing sistem operasi mempunyai sistem waktu tersendiri. Pada Windows yaitu menggunakan dan menyesuaikan waktu atau jam dengan sistem waktu yang ada pada BIOS, sedangkan pada Linux yaitu menggunakan sistem area waktu UTC/GMT.

       Tenang saja, disini saya akan memberikan solusi bagaimana cara mengatasi jam yang tidak sinkron atau tidak sama pada dual boot Windows dan Linux Ubuntu. Silangkah pahami, resapi, dan praktekkan tutorial dibawah ini:

TUTORIAL

1. Buka Run dengan cara menekan tombol Windows+R
2. Selanjutnya ketikkan regedit, lalu klik OK


3. Kemudian masuk ke directory :
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\TimeZoneInformation
Ket: tanda "\" merupakan pemisah antara folder

4. Pada sebelah kanan klik kanan di sembarang tempat, maka akan muncul New, lalu pilih DWORD (32-bit) Value, setelah itu beri nama RealTimeIsUniversal

5. Setelah itu klik dua kali pada RealTimeIsUniversal, lalu beri value dengan nilai 1

6. Klik OK
7. Selanjutnya restart komputer/PC anda.

Dengan cara ini dual boot pada komputer atau pc anda otomatis akan menggunakan sistem waktu di BIOS dan UTC/GMT.

Oke sekian tutorial yg dapat disampaikan, semoga berguna dan bermanfaat.









2 Responses to "Cara Mengatasi Jam Pada Dual Boot Windows dan Ubuntu Tidak Sama"

Tinggalkan komentar

Total Pageviews